Markup Komisi Ojol yang Melejit dan Solusinya untuk Bisnis Makanan Online

Maraknya bisnis makanan online berupa layanan pesan-antar telah memudahkan orang untuk memesan makanan dari restoran dan kedai favorit. Pelanggan dapat menikmati hidangan yang mereka inginkan di rumah, hotel, kantor, atau di manapun. Namun, kini markup yang melejit dari aplikasi pesan antar bisa berdampak kepada margin keuntungan bisnis kuliner kamu.

Sebagai solusinya, kamu bisa menggunakan aplikasi Opaper yang lebih hemat biaya. Tulisan ini akan menjelaskan lebih jauh mengenai markup komisi ojol yang melejit dan alasan mengapa menggunakan Opaper bisa menjadi solusi untuk bisnis food and beverage (F&B) yang kamu kelola.

Daftar Isi

Markup Komisi Ojol yang Melejit

Mengingat sistem pesan antar yang memudahkan pelanggan, markup harga makanan yang dijual melalui layanan ojek online tentunya lebih tinggi. Restoran yang bermitra dengan layanan ini diharuskan menaikkan harga makanan mereka di aplikasi hingga 30% lebih tinggi dari harga jual normal. Selisih harga bisa mencapai Rp6.000 per item menu.

Salah satu alasan markup ini adalah biaya komisi yang dibebankan oleh layanan ojek online kepada restoran. Ini tentu pada akhirnya bisa memberikan dampak kepada bisnis kamu.

Dampak Markup Komisi Ojol untuk Bisnis Makanan Online

dampak komisi ojol yang melejit untuk bisnis makanan online
Source via Freepik.com

Biaya komisi tinggi yang dibebankan oleh platform pengantaran makanan dapat berdampak signifikan pada profitabilitas bisnis makanan dan minuman. Berikut adalah beberapa dampak yang bisa terjadi:

1. Berkurangnya Margin Keuntungan

Biaya komisi yang tinggi dapat mengurangi margin keuntungan bisnis makanan dan minuman, karena marchant harus membayar sebagian besar pendapatannya ke platform pesan antar.

2. Kenaikan Harga Bagi Pelanggan

Untuk mengimbangi biaya komisi yang tinggi, bisnis makanan dan minuman mungkin harus menaikkan harga. Ini bisa saja akan membuat produk mereka kurang kompetitif dan kurang menarik bagi pelanggan.

3. Kesulitan dalam Mengembangkan Bisnis

Biaya komisi yang tinggi dapat menyulitkan bisnis makanan dan minuman yang masih berkembang untuk memperluas operasi mereka. Pendapatan untuk berinvestasi dalam mengembangkan usaha tentunya belum diperoleh dengan maksimal.

4. Berkurangnya Kualitas Layanan

Bisnis makanan online kamu bisa jadi harus mengambil jalan pintas dengan mengurangi kualitas produk dan layanan untuk mengimbangi biaya komisi yang tinggi. Mau tidak mau akan menyebabkan ketidakpuasan dan berkurangnya loyalitas pelanggan.

Alternatif yang Lebih Hemat Biaya

Jika kamu mencari solusi terbaik, jangan khawatir, karena sekarang ini ada Opaper sebagai penyedia layanan pesan antar makanan yang lebih hemat biaya. Opaper bekerjasama langsung dengan marchant atau kedai makanan dan minuman dengan biaya yang lebih rendah. Ini tentunya merupakan solusi terbaik dalam menekan biaya opersional usaha kuliner kamu.

Keuntungan Menggunakan Aplikasi Opaper untuk Bisnis Makanan Online Kamu

Selain kelebihannya dalam menghemat biaya operasional, ada beberapa keuntungan lainnya yang bisa kamu peroleh dengan menggunakan aplikasi Opaper untuk bisnis F&B.

1. Punya Kontrol Penuh atas Pengiriman Makanan

Sebagai pemilik usaha, kamu tetap memiliki kontrol penuh atas pengiriman makanan kepada pelanggan. Opaper dalam hal ini bekerjasama langsung dengan marchant untuk mengantarkan makanan. Kualitas makanan dan pengiriman juga bisa lebih terjaga dengan baik.

2. Biaya Lebih Rendah

Sebagaimana disebutkan sebelumnya, Opaper memberlakukan tarif yang lebih rendah jika dibandingkan dengan komisi yang ditetapkan aplikasi ojek online. Ini akan membantu usaha kuliner dalam menghemat biaya operasional sehingga keuntungan bisa lebih meningkat.

3. Dukungan Pemasaran untuk Bisnis Makanan Online

Tidak hanya kontrol penuh dan biaya operasional yang lebih rendah, Opaper juga mempunyai dukungan pemasaran untuk bisnis makanan online kamu. Ini tentu dapat membantu bisnis F&Bdalam meningkatkan popularitas dan brand awareness kepada pengguna Opaper.

4. Dukungan Teknis yang Lebih Baik

Kamu juga memperoleh dukungan teknis yang lebih baik karena di Opaper ada tim teknis yang siap membantu memecahkan masalah jika terjadi kendala. Dengan demikian menggunakan aplikasi Opaper akan lebih nyaman dan lancar.

Kesimpulan

Sebagai pemilik usaha kuliner, tentu adanya markup komisi ojol yang melejit dapat memberikan dampak negatif untuk bisnis. Olek karena itu, kamu bisa menggunakan aplikasi Opaper yang biayanya lebih hemat daripada tarif ojol. Aplikasi Opaper juga memberikan keuntungan lainnya untuk bisnis makanan online di Indonesia seperti kontrol penuh dalam pengiriman makanan, dukungan pemasaran, dan dukungan teknis yang lebih baik.

Sumber:
www.opaper.app
tekno.kompas.com
www.todayonline.com

Tinggalkan komentar